E-business merupakan interaksi eksternal organisasi dengan para pemasok, pelanggan, investor, kreditor, pemerintah dan media massa, termasuk penggunaan teknologi informasi untuk mendesain kembali proses internalnya.
E-business memberikan pemahaman dasar kepada para akuntan dan profesional sistem mengenai peluang dan risiko yang berhubungan dengan e-business.
MODEL-MODEL BUSINESS
Business to Consumers (B2C): Interaksi antara individu-individu dengan organisasi-organisasi
Business to Business (B2B): Interorganizational e-business.
PENGARUH-PENGARUH E-BUSINESS ATAS PROSES BISNIS
Electronic Data Interchange (EDI): protokol standar untuk secara elektronik mentransfer informasi antar-organisasi serta dalam berbagai proses bisnis.EDI juga meningkatkan akurasi dan mengurangi biaya. EDI telah ada sejak tahun 1970, namun hingga saat ini penggunaannya terutama terbatas pada perusahaan-perusahaan besar.
Fasilitator EDI :
Kendala-kendala biaya yaitu :
-The Internet: Eliminates the need for special proprietary third-party networks.
-XML: Extensible Markup Language – Set of standards for defining the content of data on Web pages.
ebXML:
-Defines standards for coding common business documents.
-Meniadakan kebutuhan atas software khusus untuk menerjemahkan dokumen yang dibuat oleh perusahaan yang berbeda.
PEMBELIAN DAN INBOUND LOGISTIC
Internet dapat meningkatkan aktivitas pembelian dengan cara mempermudah perusahaan mengidentifikasi calon pemasok dan membandingkan harga :
-Data mengenai pembelian yang dilakukan sub unit organisasi yang berbeda dapat disentralisasi, sehingga memungkinkan organisasi untuk menetapkan pembelian total di seluruh dunia atas berbagai produk.
-Untuk produk yang dapat didigitalkan, seperti buku, CD, software dan informasi, seluruh fungsi inbound logistics dapat dilakukan secara elektronik.
Financial Electronic Data Interchange (FEDI)
-Penggunaan EDI untuk bertukar informasi hanyalah bagian dari hubungan pembeli-penjual dalam business-top business e-commerce.
-Electronic funds transfer (EFT) merujuk pada proses pembayaran tunai secara elektronik.
-EFT biasanya dicapai melalui sistem perbankan yaitu jaringan ACH (Automated Clearing House).
Outbound Logistics
E-Business dapat meningkatkan aktivitas dan outbound logistic :
-Akses yang tepat waktu dan akurat atas informasi rinci tentang pengiriman.
-Optimisasi inventori.
-Untuk barang-barang atau pelayanan yang dapat didigitalkan, fungsi outbond logistic dapat dilaksanakan secara elektronik.
PENJUALAN DAN PEMASARAN
-Perusahaan dan menciptakan katalog elektronik di website mereka untuk mengotomatisasikan input pesanan penjualan
-Secara signifikan mengurangi jumlah staf
-Efektifitas periklanan dan mengurangi biayanya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar